ediTEMP SHARE BUTTONS TANPA LOGO TANPA JAVA SCRIPT UNTUK FAST LOADING

SHARE BUTTONS TANPA LOGO TANPA JAVA SCRIPT UNTUK FAST LOADING

Share buttons alias tombol berbagi, sangatlah berguna bagi sebuah blog. Dan kelihatannya tombol berbagi yang saat ini sedang populer dan menjadi favorit untuk dimanfaatkan adalah tombol berbagi Facebook dan Google+, disamping beberapa tombol berbagi lainnya seperti Twitter, Linkedin, Pinterest dan masih banyak yang lainnya. Namun demikian, kembali ke awal bahwa terutama di Indonesia, yang paling sering dimanfaatkan untuk memberi tahu kepada rekan rekannya tentang suatu materi blog yang dianggap bermanfaat adalah Share to Google+ dan Share to Facebook.

Bila sebuah materi posting blog oleh seorang pengunjung di share atau dibagikan kepada rekan rekannya, maka keuntungan yang akan diperoleh oleh :

  1. Rekan rekan, dari pengunjung yang membagikan di untungkan karena bisa cepat mengetahui pembahasan yang mungkin sedang dicari cari oleh mereka,
  2. Pemilik blog, karena pengunjung blog akan menjadi semakin bertambah, apalagi untuk sebuah blog yang telah memasang iklan adsense, semakin banyak pengunjung yang masuk, maka akan semakin besar kemungkinan seseorang pengunjung yang tertarik untuk mempelajari iklan yang ditawarkan oleh google adsense. Dengan begitu akan semakin besar pula penghasilan yang akan didapat dari komisi penayangan iklan tersebut.
  3. Situs atau web penyedia tombol berbagi, dengan semakin banyak onliner yang membagikan suatu materi posting blog melalui situs tersebut, maka akan semakin memperkuat eksistensi situs atau web tersebut, Dan ujung ujungnya Keuntungan finansial yang lebih menjanjikan akan diperoleh,
  4. Pihak ke empat, heheheh maaf ini bahasa pribadi ediTEMP, gak tahu ini benar atau malah salah..... sebab pihak penyedia layanan berbagi seperti Google+, Facebook, Twitter, Linkedin, Pinterest dll, biasanya dinamai pihak ke tiga, jadi sekarang ediTEMP putuskan menyebut ada pihak ke empat. Yaitu situs yang menyediakan tampilan share buttons yang lebih elegan dan biasanya secara terang terangan atau secara diam diam akan sekaligus sebagai sarana perantara untuk menampilkan tombol berbagi. Ini biasanya akan dimanfaatkan oleh rekan rekan blogger yang tidak puas dengan tampilan tombol berbagi default milik situs aslinya situs situs makelar tombol berbagi itu misalnya Share it, Share this dan masih banyak yang lainnya, bahkan ada beberapa rekan master blogger yang juga menyandang makelar Share buttons. Ujung ujungya sama dengan yang dibahas pada nomor 3 diatas. Mengapa???, karena ketika seseorang memilih berbagi dengan Share buttons model nomor 4 ini, sebelum masuk ke situs penyedia Share buttons, akan diajak mampir dulu ke situs pihak ke empat dulu.


Share buttons yang akan dibahas disini  hanyalah sebatas menyangkut kepentingan blog, Dan bila anda menggunakan blogger, sebenarnya juga sudah di sediakan share buttons secara default yang letaknya tepat berada dibawah postingan



Share buttons default blogger itu memiliki 6 tombol berbagi sekaligus, 1. Email this, 2. Share to Blogger, 3. Twitt on twitter, 4. Share to Facebook, 5. Share to Pinterest dan yang ke 6. Recomended to google+. Sebenarnya sudah lebih dari mencukupi kebutuhan berbagi, bila mengingat yang sering dimanfaatkan hanyalah Facebook dan google+ serta beban yang ringan sehingga tidak memperberat loading blog, tapi kebanyakan blogger tidak menyukai tampilan yang terlalu kecil yang mengakibatkan sulit ditemukan oleh pengunjung, dan berakibat tidak banyak share yang dimanfaatkan oleh pengunjung. Dan juga banyak blogger yang kurang menyukai tampilannya yang masih sangat lugu itu.

Bahkan menggunakan share buttons dengan mengaitkan sendiri secara lansung ke situs asal penyedia layanan share buttons yang sebenarnya (lagi lagi menurut ediTEMP) tampilannya sudah bagus itu juga banyak yang kurang menyukai. Lantaran cukup sulit bila ingin mengatur untuk menyebariskan logo logo share buttons yang ternyata masing masing penyedia layanan memiliki ukurannya berbeda beda

Tampilan ini sudah agak lebih mendingan bila dibanding yang default, tapi ini mengadung resiko akan memperberat loading blog, karena untuk bisa menampilkan seperti itu, dibutuhkan script. Semua blogger tahu bahwa semakin banyak script didalam template blog, maka loading blog akan semakin berat, terutama script milik facebook yang selalu dikritik blogger, katanya memberatkan loading dan harus di kompress. Dan beberapa blogger juga menganggap tampilan itu masih kurang menarik.

Akhirnya banyak blogger yang mencari alternatif untuk mengubah tampilan share buttons dengan tampilan yang lebih rapi dan kelihatan elegan, dan itulah celah yang dimanfaatkan oleh yang ediTEMP sebagai pihak ke empat diatas tadi. Secara tampilan, jelas share buttons buatan pihak ke empat itu jauh lebih elegan dari tampilan share button default blogger. bahkan ukuran, gaya, warna, letak dan posisi nya juga bisa di taruh sesuka hati, inilah yang membuat banyak blogger senang menggunakannya.



Secara pribadi!!!!!! ediTEMP tidak terlalu suka dengan sistem makelar pihak keempat, memang tampilannya jauh lebih bagus, tapi disamping seringnya mengajak mampir dulu ke situsnya, juga denga tampilan yan elegan itu membutuhkan script yang lebih kompleks, dan ujung ujungnya akan lebih memberatkan loading blog. Apalagi yang buatan beberapa master blogger yang biasanya  (tidak semuanya) didalamya diselipkan script/enkode tertentu yang sulit ditelaah orang lain, tapi ujung ujungnya adalah link yang mengarah ke alamat situs si pembuat share buttons itu.

Ada model yang sudah mengusahakan share buttons dengan tujuan agar sebisa mungkin tidak memberatkan loading blog, disana sudah tidak lagi terdapat script, tapi dengan alasan tampilan, ia masih mengikutkan logo, logo itu ada yang berasal dari jenis Favicon yang bisa ditengarai dengan adanya bahasa fa fa-g-plusone atau fa fa-facebook dan sejenisnya, yang penting bila ada fa fa- berarti logo itu hasil impor dari situs lain, dan kadang blog membutuhkan waktu untuk proses impor tadi. Banyak sedikitnya tetap saja akan mempengaruhi loading blog.



Model model share buttons seperti pada gambar diatas dan juga beberapa yang lainnya, pernah ediTEMP coba pasang pada blog ini. Sampai pada akhirnya, setidaknya hingga saat ini, ediTEMP lebih memilih jenis share buttons yang sangat mirip dengan gambar diatas paragraf ini, dengan pengurangan ediTEMP tidak menampilkan logo.

Menurut ediTEMP tampilan pilihan dibawah inilah yang paling tidak memberatkan loading blog, sebab tidak menggunakan java script, tidak juga menggunakan impor logo

tampilan web



untuk menjaga kemudahan klik share bagi pengguna mobile (HP), maka ediTEMP tidak memilih sifat responsive dengan sistem ukuran yang mengecil, tetapi pilih responsive model otomatis ganti baris
tampilan mobile dengan lebar layar 480px






tampilan versi mobile dengan lebar layar 320px



inilah yang sekarang sedang ediTEMP gunakan pada blog ini, loading blog terasa jauh lebih ringan dibanding ketika masih menyertakan logo share buttons.

ediTEMP tidak menyisipkan apa apa didalamnya, bahkan tidak membuat nama divisi dengan nama <div class='katro-sharebuttons misalnya
dan pada cssnya juga dengan nama .katro-sharebuttons{.... misalnya
tidaaaaak ... tidak, walaupun itu bisa dilakukan dan anda juga bisa mengubah nama itu, asal antara nama sesudah div class pada html harus sama persis dengan nama sesudah . (titik) pada css.

bila anda berminat, silakan copy css yang sangat sedikit dibawah ini :



paste ke edit template blog anda diatas ]]></b:skin>
css diatas match pada blog dengan width halaman pos selebar 650px
bila blog anda lebar halaman post lebih lebar atau lebih sempit dari 650px, silakan edit {width:140px dengan angka lebih besar atau lebih kecil, agar tampilannya lebarnya sesuai dengan halaman post blog.



kemudian copy html dibawah ini,



paste dibawah <data:post.body/> , bila ada beberapa kode <data:post.body/> cobalah pilih yang letaknya paling bawah, 
klik save template, 
dan lihat halaman posting blog, 
bila tidak muncul atau muncul tapi letaknya tidak sesuai keinginan, silakan coba pada <data:post.body/> yang ada diatasnya. 
bila tampilan berantakan karena terlalu lebar,
silakan kecilkan 140px pada css dengan nilai yang lebih kecil
bila kotak share to facebook menjadi tinggi karena isi teks nya ganti baris
silakan ganti 12px pada css font:normal 600 12px
menjadi 11px atau 10px

lalu klik save dan .... semoga berhasil

NB.

KELEMAHAN SHARE BUTTON INI TIDAK BISA MENAMPILKAN JUMLAH (count) PERSONEL YANG SUDAH MELAKUKAN TINDAKAN SHARE.
motto : biarpun tanpa logo, yang penting tidak terlalu memberatkan loading blog.

Jenis share buttons ini mungkin hanya cocok untuk blogger yang mengutamakan kecepatan loading blog, dan mungkin tidak akan dilirik oleh para blogger yang lebih mengutamakan tampilan blog yang elegan

Demikian pembahasan tentang SHARE BUTTONS TANPA LOGO TANPA JAVA SCRIPT UNTUK FAST LOADING yang bisa ediTEMP sajikan. Ralat, saran, masukan, kritik dan/atau pertanyaan, bisa disampaikan melalui kolom Komentar.

Belum ada Komentar

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *